Pages

Thursday, March 18, 2010

Pengiklanan dan promosi penjualan

Pengiklanan, Promosi Penjualan dan Perencanaan Strategi Pemasaran

Pengiklanan dan promosi penjualan dapat memainkan peran yang utama dalam promosi. Didalam dasar setiap hubungan, metode promosi menyediakan cara dengan biaya yang rendah untuk menginformasikan, mempengaruhi dan menjadikan pelanggan menjadi aktif. Pengiklanan dan promosi penjualan dapat menempatkan bauran pemasaran perusahaan sebagai salah satu yang akan mempertemukan dengan kebutuhan pelanggan.

Sayangnya hasil dari pelaku pasar secara nyata pencapaiannnya dengan pengiklanan dan promosi penjualan tidak seimbang. Ide yang kreatif dapat menghasilakan hasil yang besar atau menjadi pembuangan uang yang besar sekali. Iklan dapat mencampuradukkan emosi atau menjadi muncul ketidaktahuan.

Dasar keputusan perencanaan strategi untuk pengiklanan dan promosi penjualan adalah ketidaktahuan yang sama didunia dimana target pasar ditempatkan. Dimensi internasional juga mempengaruhi promosi penjualan. Promosi penjualan dapat menjadi sulit dan bahkan tidak mungkin untuk diatur.

Pengiklanan Adalah Bisnis Yang Besar

Bagaimana pertumbuhan ekonomi, pengiklanan menjadi lebih penting karena lebih banyak pelanggan mempunyai pendapat dan pengiklanan dapat mendapatkan hasil. Selama decade terakhir ini, peningkatan pengeluaran untuk pengiklanan telah meningkat bahkan dengan cepat dinegara-negara lain.

Pengeluaran pengiklanan adalah sangat penting dalam pasar tertentu, khususnya pasar pelanggan akhir. Walaupun begitu secara keseluruhan biaya pengiklanan lebih sedikit dibandingkan penjualan secara personal atau promosi penjualan.

Tujuan-Tujuan Pengiklanan Adalah Sebuah Keputusan Strategi

Setiap kampanye iklan dan periklanan harus secara jelan mendefinisikan tujuan. Hal ini harus tumbuh bersama keseluruhan strategi pemasaran perusahaan dan pekerjaan pengiklanan mewakili untuk pengiklanan. Tidak mudah untuk manajer pemasaran mengatakan ‘Promosikan produk’. Manajer Pemasaran harus memutuskan secara tepat apa yang harus dilakukan pengiklanan.

Tujuan pengiklanan seharusnya lebih spesifik daripada tujuan penjualan secara personal. Salah satu keuntungan penjualan secara personal adalah orang penjualan dan mengganti presentasi untuk pelanggan tertentu. Masing-masing iklan harus efektif tidak hanya untuk salah satu pelanggan tapi juga untuk ribuan bahkan ratusan pelanggan.

Jika manajer pemasaran sangat menginginkan hasil yang spesifik mereka harus secara jelas menetapkankannya. Tujuan yang spesifik secara jelas mempengaruhi dari pengiklanan mana yang terbaik.

Tujuan-Tujuan Menentukan Jenis Pengikalan Yang Dibutuhkan

Tujuan pengiklana secara luas menentukan salah satu dari dua tipe pengiklan untuk digunakan yaitu :

1) Pengiklanan Produk à Mencoba untuk menjual produk

- Pioneering advertising

è Mencoba untuk mengenbangkan permintaan yang utama untuk kategori produk dibanding permintaan untuk merek yang spesifik. Biasanya dikerjakan dalam tahap permulaan dari daur hidup produk. Hak ini untuk menginformasikan kepada pelanggan potensial tentang produk yang baru dan membantu meng mengubah mereka menjadi adopter.

- Competitive advertising

è Mencoba untuk mengembangkan permintaan selektif untuk merek spesifik. Perusahaan diarahkan kedalam competitive advertising sebagaimana daur hidup produk bergerak bersama untuk menahan miliknya melawan pesaing.

- Reminder advertising

è Mencoba untuk menjaga nama produk sebelum publik

2) Pengiklanan Institusi à Mempromosikan sebuah penggambaran dari perusahaan, reputasi atau ide dibandingkan produk

Mengkoordinasikan Usaha-Usaha Pengiklanan Dengan Hubungan Kerjasama

Kadang-kadang produsen tahu sebuah pengiklanan dapat dikerjakan secara lebih efektif atau lebih ekonomis dengan seseorang yang lebih lanjut mengerjakan sepanjang saluran distribusi.

Penyisihan pengiklanan dalah pengurangan harga dari perusahaan lebih lanjut sepanjang saluran distribusi untuk mendorong mereka beriklan atau sebaliknya mempromosikan produk perusahaan secara lokal. Pengiklanan cooperative termasuk didalamnya perantara dan pembagian produsen dalam biaya iklan.

Koordinasi dan penyatuan dari pesan iklan dalam saluran distribusi adalah alas an lain untuk pengiklanan cooperative. Sesuatu yang besar, direncanakan dengan baik, usaha pengiklana yang menyatu sering lebih baik daripada banyak yang berbeda, mungkin tidak konsisten, usaha secara lokal. Bagaimanapun, penyisihan dan dukungan secara materi sendiri tidak menjamin kerjasama. Saat anggota saluran distribusi tidak setuju dengan strategi pemasaran, akan menjadi sumber konflik yang serius.

Isu etika kadang-kadang menimbulkan perhatian pada program penyisihan pengiklanan. Sebagai contoh pedagang pengecer menggunakan iklan sebuah produsen untuk mengarahkan pelanggan kedalam toko tetapi kemudian menjual produk dengan merek yang berbeda.

Pemilihan Media Yang Terbaik – Bagaimana Untuk Menyampaikan Pesan

Efektivitas media apa yang digunakan tergantung pada seberapa bagus media sesuai dengan hasil yang diinginkan dari strategi pemasaran, yaitu tergantung pada :

1. Tujuan promosi

2. Target pasar yang ingin dicapai.

3. Dana yang tersedia untuk pengiklanan

4. Sifat dari media yang yang dipakai.

Pengiklanan Di Internet – Kesempatan Dan Tantangan Baru

Kebanyakan iklan didalam internet meminta respon secara langsung. Suatu site sering menargetkan pelanggan yang spesifik. Website membutuhkan pemeliharaan bunga dan menciptakan keinginan.

Perencanaan Pesan Yang Terbaik – Apa yang Dikomunikasikan

Sekali manajemen pemasran memutuskan bagaimana pesan akan meraih perhatian target, harus memetuskan pada copy trust, yaitu kata dan ilustrasi apa yang harus dikomunikasikan.

Pada dasarnya keseluruhan strategi pemasaran seharusnya menentukan pesan apa yang akan dikatakan. Kemudian pertimbangan manajemen, mungkin dibantu dengan riset pemasaran dapat membantu memutuskan bagaimana menuliskan dalam sandi sehinggan akan ditafsirkan sandi itu sesuai dengan yang diharapkan.

Sebagai panduan dalam perencanaan pesan kita dapat menggunakan konsep AIDA, yaitu:

§ Getting attention à merebut perhatian target pasar

§ Holding interst à pola dan bahasa dari pengiklanan harus sesuai dengan pengalaman dan sikap dari pelanggan target dan grup referensi mereka

§ Arousing desire à iklan harus bisa meyakinkan pelanggan bahwa produk mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka.

§ Obtaining action à adalah tindakan akhir yang harus dilaksanakan.

Banyak pelanggan produk perusahaan internasional mencoba untuk menggunakan salah satu pesan pengiklanan yang global di seluruh dunia. Tentu saja menerjemahkan pesan atau membuat penyesuaian lain yang lebih kecil, tetapi dengan fokus pada sebuah kepercayaan yang global.

Agen Pengiklanan Sering Mengerjakan Pekerjaan

Manajer pengiklanan mengatur usaha pengiklanan perusahaan. Banyak manajer pemgiklanan khusunya yang bekerja pada untuk pedagang pengecer yang besar mempunyai departemen pengiklanan sendiri yang merencanakan kampanye pengiklanan yang spesifik dan menetapkan detil-detil. Yang lain berubah untuk mengantikan pekerjaan pengiklanan untuk dilakukan oleh spesialis.

Agen pengiklanan adalah spesialis dalam perencanaan dan penanganan detil pemasaran masal untuk pengiklan. Beberapa agen uang full jasanya menangani aktivitas apapun yang berhubungan dengan pengiklanan, publikasi atau promosi penjualan.

Agen iklan biasanya bekerja secara dekat denga kliennya dan mereka sering mempunyai akses untuk informasi penting. Hali ini dapat menimbilkan isu etika jika agen bekerja dengan dua atau lebih klien. Kebanyakan agen sensitive untuk masalah yang potensial dan menjaga orang dan informasi dari akun persaingan yang terpisah.

Pengukuran Efektivitas Pemasaran Tidak Mudah

Akan menjadi nyaman jika kita dapat mengukur hasil dari pengiklanan dengan melihat pada penjualan. Beberapa iklan terobosan mempunyai pengatuh lansung yang sangat pada penjualan perusahaan dan literature pengiklanan diisi dengan cerita sukses yang membuktikan pengiklanan meningkatkan penjualan.

Idealnya pengiklan harus mengadakan tes pengiklanan sebelum berjalan dari pada menggantung sendiri pada dugaan mereka sendiri tentang bagaimana baik dan buruknya. Setelah iklan berjalan, periset dapat mencoba mengukur sebanyak apa pelangan yang akan tertarik akan produk tertentu atau iklan.

Bagaimana Menghindari Pengiklanan Yang Tidak Jujur

Dibanyak Negara pemerintah mengambil peranan aktif dalam memutuskan jenis apa dari pengiklanan yaitu yang diijiankan, jujur dan sesuai. Apa yang dilihat adalah penentuan posisi dalam satu Negara dapat dilihat sebagai ketidak jujuran atau penipuan kepada yang lain

Perbedaan dalam peraturan berarti manajer menghadapi batasan yang sangat spesifik dalam negara yang berbeda dan ahli lokal dapat dikehendaki untuk menjamin bahwa perusahaan tidak membuang uang mengembangkan iklan yang tidak akan ditunjukan pada pelanggan atau jika pelanggan akan beranggapan bahwa mereka ditipu.

Promosi Penjualan – Mengerjakan Sesuatu Yang Berbeda Untuk Merangsang Perubahan

Promosi penjualan merujuk pada kegiatan promosi, tidak hanya pengiklanan, publikasi dan penjualan secara personal yang akan merangsang kesenangan, mencoba atau membeli oleh pelanggan akhir atau yang lain dalam saluran pemasaran.

Promosi penjualan secara umum digunakan untuk melengkapi metode prpmosi yang lain. Ada banyak tipe dari promosi penjualan, dimana akan sesuai tergantung pada situasi dan tujuan.

Salah satu alasan untuk peningkatan penggunaan dari promosi penjualan oleh banyak pelanggan produk adalah bahwa meraka bersaing dalam tahap pendewasaan. Situai kompetisi diintensifkan oleh pertumbuhan yang luas, rantai pengecer yang kuat. Perubahan dalam bidang teknologi juga dapat membuat promosi penjualan lebih efisien. Pertumbuhan promosi penjualan juga dibantu denga banyaknya agen dan spesialis yang merencanakan dan mengimplementasikan program promosi penjualan.

Masalah Dalam Pengaturan Promosi Penjualan

Beberapa ahli berfikir bahwa manajer pemasaran khusunya yang membuat kesepakatan dengan pelanggan, membutuhkan penekanan pada promosi penjualan.

Masalah lain yang timbul dalam promosi penjualan adalah bahwa ini mudah untuk membuat besar kesalahan yang berhubungan dengan biaya. Karena promosi penjualan termasuk aktivitas yang luas, susah untuk perusahaan yang khusus untuk membangun keahlian dalam mengatur mereka.

Kesalahan promosi penjualan seringkali menjadi lebih buruk saat perusahaan tidak mempunyai manajer promosi penjualan. Pembuatan pekerjaan promosi pejualan adalah pembelajaran keahlian bukan pekerjaan sampingan untuk amatir.

Jenis-Jenis Promosi Penjualan Yang Berbeda Untuk Target Yang Berbeda

Banyak dari promosi penjualan ditujukan untuk pelanggan akhir atau pengguna mencoba untuk meningkatkan permintaan, mungkin secara temporer atau meningkatkan waktu pembelian. Semua usaha dari promosi penjualan ditujuakn pada tujuan yang spesifik.. Sekali produk dibentuk, promosi penjualan pelanggan biasanya fokus pada peningkatan penjualan pada jangka pendek.

Promosi penjualan yang ditujukan pada perantara sering disebut promosi perdagangan menekankan pada masalah yang berhubungan dengan uang. Perangkat yang diperlukan adlah termasuk penyisihan persediaan, penyisihan promosi dan mungkin kontrak penjualan untuk mendorong pengecer atau pedagang grosir menjual barang yang spesifik atau semua produk perusahaan.

Promosi penjualan ditujukan pada penguatan penjualan perusahaan sendiri dapat mencoba untuk mendorong penyediaan pelayanan yang lebih baik, mendapatkan pelanggan yang baru, penjualan produk baru atau penjualan semua produk perusahaan. Promosi penjualan yang masih berlanjut dapat ditujukan pada penguatan penjualan untuk membantu manajemen penjualan.

1 comment: